"Bolehlah hidupkan lagi Majalah Penghiburku yg pernah berjaya dan sekalian mengenang jasa baik Suster Myriam pemrakarsa adanya majalah untuk alumni itu. Dengan demikian satu sama lain tetap terjalin dengan baik. Viva Penghiburku!" (14 Januari 2012, Bernadeta Tumir)

Sunday, March 4, 2012

KATA PENEGUHAN AKHIR PEKAN(3)


CERITA BIJAK DARI AESOP (*)

SATU MATAHARI
Dewa matahari menikah. Semua binatang ikut bergembira ria. Katak-katak pun tidak ketinggalan. Melihat teman-temannya bergembira berlebihan, seekor katak yang bijak berteriak: 
“Hai kamu katak-katak bodoh. Satu matahari saja sudah sanggup mengeringkan kolam-kolam tempat kita tinggal. Sadarkah kamu bahwa kalau kemudian hari anak-anak matahari mulai ikut bersinar seperti ayah mereka, akan jadi apakah kita para bangsa katak?”

SINGA TETAP SINGA
(1) Singa mengajak kuda untuk berburu bersama. Singa andalkan kekuatannya, kuda andalkan kecepatannya. Setelah itu, singa membagi hasil buruan mereka dalam tiga bagian. Berkatalah singa: “Sebagai raja hutan, pemimpin segala binatang, saya akan mengambil bagian yang pertama. Lalu sebagai rekan kerja, saya berhak mengambil lagi bagian yang kedua. Dan kalau kau tidak mau aku hajar, jangan menyentuh bagian yang ketiga itu.”

(2) Induk babi mengolok induk singa yang hanya bisa melahirkan satu anak setiap tahun. Induk singa menjawab: “Biar hanya satu, tetapi tetap singa!”

(3) Singa, keledai dan serigala pergi berburu bersama. Setelah hasil buruan dikumpulkan, keledai membagi hasil buruan itu atas tiga bagian yang sama besar dan meminta singa untuk memilih bagiannya. Singa tersinggung dan menerkam keledai dan mencabik-cabiknya sampai mati. Lalu singa menyuruh serigala membagi ulang hasil buruan itu. Serigala mengumpulkan hasil buruan jadi satu tumpuk dan menyuruh singa untuk memilih bagiannya. Singa jadi heran dan bertanya: “Kenapa caramu lain dari cara keledai?” Serigala menjawab singkat: “Aku belajar dari nasib keledai tadi!”

(*) Aesop adalah penulis klasik dari jaman Yunani purba





Kiriman Prisco Virgo. Dili, Timor-Leste.
Koordinator Utama blogspot Penghiburku.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment