"Bolehlah hidupkan lagi Majalah Penghiburku yg pernah berjaya dan sekalian mengenang jasa baik Suster Myriam pemrakarsa adanya majalah untuk alumni itu. Dengan demikian satu sama lain tetap terjalin dengan baik. Viva Penghiburku!" (14 Januari 2012, Bernadeta Tumir)

Friday, April 13, 2012

HELEN KELLER DAN MUJIZAT AIR

























Adalah Helen Keller, seorang gadis “malang” asal Amerika Serikat. Pada usia 19 bulan, dia kena sakit demam hebat. Sakit ini menyebabkan suatu kecatatan fisik yang sangat parah. Seumur hidupnya, Helen tidak pernah melihat keindahan dunia karena buta dan tidak pernah mendengarkan merdunya alunan musik karena tuli. Sampai usia enam tahun, dia juga adalah seorang anak bisu yang tidak bisa berkata-kata. Bila keinginannya tidak dituruti, dia hanya bisa marah, mengamuk, menendang ke sana ke mari dan menangis meraung-raung. Tetapi kemudian hari, Heler Keller menjadi seorang tokoh yang sangat terkenal di seluruh dunia karena dia bisa berbicara, berpidato, memberikan kuliah dan menulis banyak buku. Mulai dari buku ceritra, sampai buku pelajaran untuk anak-anak buta tuli. Salah satu bukunya yang sangat sangat terkenal adalah The Story of My Life atau Ceritra Hidupku. Semuanya itu terjadi karena “mujizat” air. Tanpa air, Helen Keller tentu tidak akan menjadi orang buta tuli pertama di dunia yang bisa menjadi pembicara dan penulis.

Cerita keberhasilan Helen, sangat sederhana. Suatu hari, Anne Sullivan, seorang ibu guru pribadi Helen yang juga buta matanya, membawa Helen kecil ke dekat pompa air. Anne memompa air sambil mengulurkan tangan Helen pada air yang tercurah dari ujung pipa. Lalu Anne menulis dengan jarinya ke telapak tangan Helen, kata: W a t e r, Air! Helen terkejut dan sadar bahwa benda cair dan dingin yang baru saja mengalir di telapak tangannya itu, bernama: Air! Helen sangat bergembira karena pengetahuan pertamanya itu. Dia lalu memegang semua benda yang ada di sekelilingnya dan meminta gurunya untuk menuliskan nama benda-benda itu ke telapak tangannya. Satu jam kemudian, Helen sudah bisa menuliskan nama dari sekitar 30 benda yang ada di dekatnya. Tiga bulan kemudian setelah kejadian “mujizat” air itu, Helen menulis suratnya yang pertama kepada ibunya. Kalau Helen Keller bisa, mengapa anda mengira diri anda tidak bisa, selalu mengeluh dan suka bergantung kepada orang lain?

Data-data Penting:
Nama Lengkap: Helen Keller
Tanggal Lahir: 27 Juni 1880
Tempat Lahir: Tuscumbia, Alabama, USA
Ayah Kandung: Arthur A. Keller
Ibu Kandung: Kate Adams
Guru Pribadi: Anne Sullivan (tuna netra)
Sekolah Pertama: Instutit Perkins untuk anak buta
Sekolah Kedua: Wright-Humason untuk anak tuli
Sekolah Lanjutan: Radcliffe College
Ijazah Terakhir: Bachelor of Arts
(Gelar BA pertama dalam sejarah untuk anak buta tuli)
Buku Terkenal: The Story of My Life
Penghargaan Terakhir: Presidential Medal of Freedom
(Penghargaan tertinggi Pemerintah Amerika Serikat untuk orang sipil)
Wafat: 1 Juni 1968

Prisco Virgo, Dili, Timor-Leste.
Koordinator Utama Blogspot Penghiburku.

No comments:

Post a Comment