"Bolehlah hidupkan lagi Majalah Penghiburku yg pernah berjaya dan sekalian mengenang jasa baik Suster Myriam pemrakarsa adanya majalah untuk alumni itu. Dengan demikian satu sama lain tetap terjalin dengan baik. Viva Penghiburku!" (14 Januari 2012, Bernadeta Tumir)

Sunday, February 12, 2012

SURAT-SURAT HELEN KELLER (1)

Miss Anne Sullivan mulai mengajar Helen Keller pada tanggal 3 Maret 1887. Tiga setengah bulan setelah kata pertama dituliskan miss Anne ke telapak tangannya, Helen menulis suratnya yang pertama dengan pensil. Surat pertama ini ditujukan kepada sepupunya Nyonya Anna George Turner. Surat pertama tanpa tanda tangan ini ditulis di Tuscumbia, Alabama, di rumah orang tuanya pada tanggal 17 Juni 1887:

helen write anna george will give helen apple simpson will shoot bird jack will give helen stick of candy doctor will give mildred medicine mother will make mildred new dress  

helen tulis anna george akan beri helen apel simpson akan tembak burung jack akan beri helen
sepotong permen dokter akan beri mildred obat ibu akan buatkan mildred baju baru  


***

Dua puluh lima hari kemudian, saat Helen dan Anne melakukan kunjungan singkat yang jauh di luar rumah, Helen menulis kepada ibunya, Nyonya Kate Adams Keller. Surat ini Helen tulis di Huntsville, Alabama, pada tanggal 12 Juli 1887. Ada dua kata yang hampir tidak terbaca karena miring  tertulis dari sudut surat ke segala arah. Helen belum bisa membuat tanda tangan.  

Helen will write mother letter papa did give helen medicine mildred will sit in swing mildred did kiss helen teacher did give helen peach george is sick in bed george arm is hurt anna did give helen lemonade dog did stand up. conductor did punch ticket papa did give helen drink of water in car carlotta did give helen flowers anna will buy helen pretty new hat helen will hug and kiss mother helen will come home grandmother does love helen
good-by  

Helen akan tulis surat untuk ibu papa beri helen obat mildred akan duduk di ayunan mildred cium helen guru beri helen persik george sakit di tempat tidur lengan george luka anna beri helen limun anjing berdiri. sopir dapat tiket papa beri helen minum air di mobil carlotta beri helen bunga anna akan belikan helen topi baru yang bagus helen akan peluk dan cium ibu helen akan pulang rumah nenek sayang helen
sampai jumpa  ***

(Kata-kata cetak miring pada terjemahan bahasa Indonesia berasal dari penterjemah untuk menandai kalimat baru karena Helen belum menggunakan tanda baca pada surat pertama dan kedua ini)

Dikutip dari buku Otobiografi Helen Keller:
"The Story of My Life"
Diindonesiakan oleh Prisco Virgo. Dili, Timor-Leste.
Koordinator Utama Blogspot Penghiburku.

4 comments:

  1. Hanya anak super jenius yang bisa begini. Catat: Buta dan tuli! Tetapi hanya dalam tempo 3 bulan, sudah bisa menulis surat. Kasih Allah benar2 berlimpah kepada tokoh idolaku ini. Saya benar-benar kagum!!!

    ReplyDelete
  2. Wah, hebat! Helen Keller menulis huruf Braille atau Latin?

    ReplyDelete
  3. Soalnya tuna netra biasanya menulis huruf Braille, sedangkan tuna rungu menulis huruf Latin. Helen Keller itu tuna ganda (buta dan tuli). Kukira Helen Keller menulis huruf Latin, ya?

    ReplyDelete
  4. Pada surat pertama ini dikatakan bahwa Helen menulis dengan "pinsil", berarti Helen menulis dengan huruf Latin pada awalnya. Nanti pada surat sesudahnya baru dikatakan bahwa Helen juga sangat pintar pembaca huruf Braille. Itu berarti Helen sudah di sekolah luar biasa Perkins. Ke-lima surat pertama ini, semuanya ditulis dirumah orang tuanya pada awal dia diajar oleh miss Sullivan. Berarti belum ada mesin braille...

    ReplyDelete